by

Libya Memasuki Masa Transisi

Oleh : Tengku Zulkifli Usman Analis Politik Islam Internasional

Setelah hadir nya PM baru interim ,Libya memasuki masa transisi.Dimana dua kekuatan yang selama ini bertikai ingin mengambil langkah perdamaian.

Namun, semua langkah perdamaian itu tidak termasuk Khalifah Haftar yang ditolak oleh pendukung Libya-GNA yang selama ini di dukung Turki.

Libya sekarang punya PM baru interim, yang dipimpin oleh Abdul Hamid Dbeibah. Yang akan mempersiapkan pemilu Desember 2021 nanti.

Langkah langkah rekonsiliasi Libya memang perlu diwaspadai oleh kekuatan yang selama ini mendukung pemerintahan sah Libya khususnya Turki.

Mengingat banyak kekuatan di belakang Haftar yang ingin “mencuri” kedaulatan Libya lewat jalur jalur diplomasi yang tidak adil.

Salah satu tanda nya adalah upaya pembunuhan terhadap menteri dalam negeri Libya Fathi Bashaga yang baru saja terjadi kemarin. Namun gagal.

Bashaga adalah menteri dalam negeri Libya yang diperkirakan calon kuat sebagai pemimpin Libya kedepan.

Bashaga adalah menteri dalam negeri yang selama ini sangat keras terhadap pemberontak Haftar di timur Libya.

Mendagri yang mantan pilot pesawat tempur Libya ini dikenal dekat dengan mantan PM Libya Fayez Al Sarraj dan dekat dengan Turki. Bashaga adalah salah satu pejabat senior Libya yang powerful.

Upaya pembunuhan Bashaga tidak lain adalah upaya kelompok pro Haftar yang menginginkan jalan rekonsiliasi menuju jalan buntu.

Bashaga adalah menteri dengan segudang pengalama dan memiliki jaringan yang luas juga menguasai isu isu sensitif Libya khususnya soal soal minyak Libya dan kekayaan alam Libya yang diperebutkan oleh banyak pihak asing.

Pemerintah sementara Libya saat ini walaupun didukung oleh semua faksi politik termasuk Turki. Namun dianggap kurang berpengalaman dalam mengurus konflik panas antara Tripoli dan Tobruk.

Desember nanti diharapkan terpilih pemimpin sah Libya defenitif yang akan mengeluarkan Libya dari masa mas krisis dan melaksanakan kesepakatan kesepakatan masa lalu khususnya yang berkaitan dengan deal deal politik yang sudah ditandatangani oleh Libya-Turki.(arn/red).

Comment

Kategori Terkait