by

Turki Negara Powerful Kekuatan Udara nya di Benua Eropa

Oleh Tengku Zulkifli Usman,Analis Dunia Islam Internasional

Menurut media besar Inggris The Independent:
Turki hari ini menjadi negara dengan kekuatan udara yang sangat powerfull di benua Eropa.

Kekuatan udara Turki saat ini yang didukung oleh pesawat tempur, drone canggih, sistem pertahanan rudal S400 dll. Membawa Turki menjadi negara yang ditakuti dalam banyak pertempuran.

Perusahaan perusahaan pertahanan Turki terus mendapat record baru dunia dan terus memproduksi alutsista canggih mandiri buatan dalam negeri.

Inggris sendiri terus meningkatkan hubungan dengan turki dan memuji kemampuan pertahanan udara turki yang terus menerus berkembang dari waktu ke waktu.

Sama halnya antara hubungan Turki dan Rusia yang mengalami banyak perbedaan, hubungan turki dengan Inggris juga memiliki banyak perbedaan. Namun Turki dan Rusia juga Turki dan Inggris terus meningkatkan hubungan kerjasama mereka.

Semua itu bisa berjalan karena Rusia dan Inggris adalah negara besar dengan mindset yang rasional dan tidak mudah baper dalam bergaul.

Karena Rusia dan Inggris tau bahwa Turki adalah negara yang layak diajak bicara dan diajak kerjasama dalam banyak bidang yang bisa saling menguntungkan.

Rusia dan Inggris, Putin dan Johnson sadar bahwa memusuhi Turki tidak ada gunanya sama sekali. Karena Turki bukan negara lemah seperti dimasa lalu.

Putin dan Johnson sadar, bahwa Erdogan salah satu pemimpin yang punya integritas dan sangat dihormati di Dunia internasional. Maka langkah paling rasional adalah bekerjasama dengannya bukan memusuhinya.

Erdogan sebagai individu maupun Erdogan sebagai presiden, adalah sosok yang telah lama membuat banyak negara besar angkat hormat kepada dia. Bedanya Rusia dan Inggris terang terangan mengakui nya ditengah pemimpin dunia lain berupaya menyembunyikan dan tidak vulgar mengakui kapasitas kepemimpinan Erdogan.(arn/red).

Comment

Kategori Terkait